01_sesi_talkshow_pada_kegiatan_Expo_Beasiswa_2017
11:50

BEM dan Keluarga Besar Advokesma FILKOM UB Gelar Expo Beasiswa 2017

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Keluarga Besar Advokesma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Expo Beasiswa pada Kamis (5/10/2017). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang beasiswa bagi mahasiswa S1 dan S2 baik dalam maupun luar negeri, serta untuk memotivasi mahasiswa agar melanjutkan pendidikan atau mengembangkan diri dengan memanfaatkan berbagai tawaran beasiswa yang ada. Ketua pelaksana kegiatan Expo Beasiswa 2017, Irhamsyah Faishal Sugiyartomo (SI/2016) mengungkapkan bahwa terdapat dua agenda kegiatan yang diangkat pada acara tersebut yaitu talkshow beasiswa dan bazar beasiswa. Dimana talkshow beasiswa hanya dapat diikuti oleh 100 mahasiswa FILKOM yang telah mendaftar sebelumnya, sedangkan untuk bazar beasiswa dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa FILKOM yang berminat mencari informasi beasiswa.

“Sebetulnya banyak pihak-pihak yang memberikan beasiswa pendidikan yang diperuntukkan bukan hanya bagi mahasiswa tidak mampu saja, tapi juga bagi mahasiswa yang berprestasi. Disini kita memfasilitasi,” jelas Faishal.

Pada Expo Beasiswa 2017 yang diselenggarakan di gedung F lantai 1 FILKOM UB tersebut panitia pelaksana berhasil menghadirkan beberapa pihak penyedia beasiswa yang siap memberikan informasi bagi mahasiswa FILKOM antara lain Astra, Tanoto Foundation, LPDP, XL, Yayasan Karya Salemba Empat dan Pertamina. Beasiswa yang ditawarkan sangat beragam. Mulai beasiswa yang memberikan bantuan biaya kuliah, hingga beasiswa non tunai yang lebih menitikberatkan pada upaya pengembangan pribadi dan softskill mahasiswa.

Sebagai contoh XL Axiata menawarkan beasiswa XL Future Leaders yaitu beasiswa non tunai yang bertujuan untuk memajukan generasi muda Indonesia agar mampu menjadi pemimpin berkelas dunia. Bagi setiap penerima beasiswa ini berhak mengikuti pelatihan terpadu selama dua tahun yang berfokus pada pengembangan tiga kompetensi utama, meliputi (1) effective communication, (2) entrepreneurship and innovation dan (3) managing change. Penerima beasiswa dapat menambah ilmu dengan mengikuti berbagai workshop yang diadakan XL Axiata selama masa kontrak secara gratis. Selain itu penerima beasiswa ini juga akan mendapat fasilitas penunjang seperti laptop, handphone, pulsa bulanan dan penanggungan biaya akomodasi serta transportasi setiap kali mengikuti workshop. Beasiswa XL Leaders ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 3 (tiga) hingga semester 6 (enam) dan bagi yang berminat mendaftar untuk beasiswa ini dapat mengakses informasi lebih lanjut di website www.xlfutureleaders.com.

Sementara itu Tanoto Foundation menawarkan beasiswa dengan konsep yang sedikit berbeda. Selain menawarkan manfaat non finansial atau non tunai, beasiswa Tanoto Foundation juga menawarkan manfaat finansial bagi penerimanya. Adapun manfaat finansial yang diberikan bagi penerima beasiswa ini adalah (1) biaya kuliah setiap semester sampai dengan semester 8 (delapan) bagi mahasiswa S1 atau hingga semester 4 (empat) bagi mahasiswa S2. Uang kuliah akan langsung ditransfer ke rekening perguruan tinggi. (2) tunjangan bulanan yang ditransfer ke rekening penerima beasiswa. Tunjangan ini dibayarkan sejak perjanjian penandatanganan beasiswa. Untuk mendapatkan manfaat finansial ini penerima beasiswa Tanoto Foundation harus mempertahankan Indeks Prestasi per Semesternya minimum 3.25 skala 4.00 untuk mahasiswa S1 dan minimum 3.5 skala 4.00 untuk mahasiswa S2. Sedangkan untuk manfaat non finansial yang bisa diperoleh penerima beasiswa ini meliputi (1) program pelatihan kepemimpinan dan pengembangan softskill baik kemampuan komunikasi, presentasi, pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan), (2) program pengabdian masyarakat melalui Tanoto Scholars Association, (3) program pengembangan jejaring, termasuk melalui Tanoto Scholars Gathering, (4) program konseling bagi penerima beasiswa yang mengalami kendala pencapaian akademis, serta (5) program magang di perusahaan yang tergabung dalam Grup Royal Golden Eagle. Informasi lebih lanjut serta pendaftaran Beasiswa Tanoto Foundation dapat diakses di www.tanotofoundation.org. [dna]

 

 

 

Share