01_Tim_BCC_Jossgandos_pada_Lomba_Mobile_Kihajar_2017
10:30

Belajar Matematika Lebih Menyenangkan Bagi Siswa SD dengan Math Space

Tim BCC-Jossgandos yang beranggotakan tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) membuat sebuah aplikasi gamification yang diberinama Math Space. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat para siswa Sekolah Dasar sederajat dapat mempelajari matematika dengan cara yang lebih menyenangkan daripada cara konvensional. Anggota tim BCC-Jossgandos ini terdiri atas Muhammad Hidayat (2016), Abdul Ghoniy Nur Chasana (2016) dan Yahya Sahaja (2016). Ketiganya juga merupakan anggota dari Basic Computing Community (BCC), salah satu komunitas mahasiswa yang ada di FILKOM UB.

Dijelaskan oleh anggota tim BCC-Jossgandos bahwa pelajaran matematika seringkali menjadi pelajaran yang tidak disukai anak-anak. Jika anak-anak sudah enggan belajar matematika sejak dini, maka tidak menutup kemungkinan anak-anak tersebut tetap enggan untuk mempelajari matematika dan menganggapnya sebagai beban hingga dewasa. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya interaksi yang baik antara anak dan media pembelajaran. Sehingga muncul penyebab-penyebab anak malas untuk belajar, akhirnya tertinggal materi dan tidak paham. Dengan latar belakang tersebut dibuatlah aplikasi Math Space yang didesain menampilkan suasana aplikasi seakan pemain berada dalam alam semesta. Target pengguna aplikasi ini adalah siswa sekolah dasar kelas empat hingga kelas enam.

Dengan karyanya ini Muhammad Hidayat beserta kedua rekannya berhasil meraih juara 3 kategori umum pada ajang Lomba Mobile Kihajar 2017 yang diselenggarakan Badan Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud di Pandanaran Hotel, Semarang (23-25/10/2017). Sebelum masuk terpilih sebagai finalis tim BCC-Jossgandos melalui dua tahapan seleksi meliputi seleksi proposal seleksi video. Sementara itu pada babak final terpilih 15 karya terbaik untuk dipresentasikan di depan dewan juri. Presentasi karya wajib disertai demo aplikasi langsung pada mobile device dan juga penjelasan detail source code aplikasi yang dibuat. [robi/dna] 

 

 

 

 

Share