01_peresmian_gedung_G
16:46

8 Tahun FILKOM UB: Prioritaskan Peningkatan Infrastruktur dan SDM

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) sebagai fakultas termuda di Universitas Brawijaya (UB) merayakan hari jadinya yang ke – 8 pada 28 Oktober 2019. Namun demikian rangkain acara menyambut Dies Natalis ini telah berlangsung sejak pertengahan tahun, mulai dari penyelenggaraan Lomba Hology yang pendaftarannya dibuka sejak Mei 2019 lalu, Konferensi Ilmiah pada September 2019 lalu dan penyelenggaraan Jalan Sehat pada Minggu (20/10/2019). Rencananya rangkaian kegiatan Dies Natalis FILKOM UB ke – 8 ini akan dilanjutkan dengan agenda pemotongan tumpeng pada Senin (28/10/2019) dan ditutup dengan kegiatan sepeda santai pada Sabtu (9/11/2019).

Dalam kegiatan jalan sehat yang penyelenggaraannya bertempat di sepanjang jalan depan gedung G FILKOM, hadir Rektor beserta jajarannya, pimpinan fakultas di UB, keluarga besar FILKOM baik dosen, tenaga kependidikan dan perwakilan mahasiswa. Acara dibuka dengan kegiatan senam pagi yang dilanjutkan dengan kegiatan jalan sehat. Tidak hanya itu pada kesempatan berbahagia tersebut FILKOM juga meresmikan gedung baru (gedung G) yang penggunaannya difokuskan untuk laboratorium.

02_peresmian_gedung_GDalam sambutannya Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D. selaku Dekan FILKOM UB menyampaikan bahwa sebagai fakultas baru FILKOM sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar ketertinggalannya dari fakultas-fakultas di UB yang lebih senior. Beberapa upaya mengejar ketertinggalan tersebut adalah dengan memfokuskan peningkatan pelayanan pada pembenahan infrastruktur sarana dan prasarana serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pembenahan infrastruktur diwujudkan dalam pembangunan gedung baru untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.

“Salah satu usaha kami adalah pertama peningkatan infrastruktur. Karena terus terang dari tahun ke tahun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) FILKOM meskipun nilainya sudah B masih termasuk terendah dibanding fakultas yang lain. Salah satu yang sering dikeluhkan oleh pengguna dalam hal ini mahasiswa adalah fasilitas. Jadi itulah yang kami optimalkan. Sehingga setiap tahun kami pasti membangun gedung dan juga fasilitas laboratorium,” ujar Wayan.

01_senam_pagiSementara itu peningkatan SDM diwujudkan dengan telah bertambahnya rasio dosen bergelar Doktor (S3) yang ada di FILKOM. Saat ini dari total 98 dosen tetap telah ada sejumlah 12 dosen yang bergelar S3 dan 25 dosen lainnya sedang dalam studi lanjut. Harapannya 4 tahun ke depan rasio dosen bergelar S3 sudah dapat melebihi 70%. Meski demikian banyaknya dosen yang menempuh studi lanjut membuat jumlah tenaga pengajar di FILKOM menjadi sangat kurang untuk bisa memenuhi kebutuhan sekitar 5.000 mahasiswa yang mempercayakan studinya di FILKOM.

“Di satu sisi seperempat dosen studi lanjut ini membahagiakan, tapi di sisi lain juga mengkhawatirkan. Sehingga kami berharap bisa mendapat kesempatan untuk bisa memperoleh lebih banyak dosen baru agar bisa memenuhi rasio. Jadi dari 5.000 mahasiswa, kami saat ini hanya memiliki 98 dosen tetap dan 30 dosen luar biasa,” jelas Wayan dalam sambutannya.

01_jalan_sehatMenanggapi hal tersebut, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS. mengungkapkan bahwa dirinya mendukung adanya penambahan SDM jika hal tersebut memang dibutuhkan. Namun demikian dengan catatan SDM yang direkrut harus benar-benar berkualitas. Selain itu Nuhfil juga berpesan agar FILKOM mampu meningkatkan nilai akreditasi program studinya, bahkan jika memungkinkan memiliki akreditasi internasional.

Usai sambutan – sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan hiburan dari bintang tamu perwakilan mahasiswa serta dosen dan juga tak ketinggalan pembagian doorprize. Berbagai hadiah telah dipersiapkan mulai dari hadiah hiburan hingga hadiah utama berupa satu buah sepeda motor. Hadiah – hadiah tersebut adalah persembahan dari para sponsor partner antara lain PT. Aditama Global Mandiri, CV. Griya Facade, PT. Kosa Matra Graha, PT. Prospera Perwira Utama, Bank Mandiri, BNI, Werbel Indonesia Services (WIS) dan KPRI UB. [dna]

 

 

 

Share