01_PKKMABA_2019
11:37

751 Mahasiswa Baru FILKOM UB Ikuti Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Tingkat Fakultas

Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada tahun ini menerima sejumlah 751 mahasiswa baru (maba) dari berbagai wilayah di Indonesia. Para maba tersebut mengikuti kegiatan penyambutan dan pengenalan kehidupan kampus selama dua hari pada Rabu hingga Kamis (13-14/8/2019).

Pada hari pertama dibuka dengan upacara penyambutan dengan rangkaian acara berupa pertunjukan tarian daerah, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta pengenalan jajaran kabinet beserta pejabat di Lembaga Otonom (LO) dan Lembaga Semi Otonom (LSO), sambutan koordinator Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) serta pengenalan jajaran anggotanya, sambutan Dekan FILKOM serta pengenalan jajaran pimpinan di FILKOM UB. Kemudian dilanjutkan dengan peresmian dibukanya rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMABA) dan Startup Academy dan ditutup dengan bacaan doa.

01_Sambutan_Dekan_FILKOMDalam sambutannya Dekan FILKOM UB Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D. menyampaikan bahwa Universitas memiliki sistem yang berbeda dengan Sekolah. Jika sekolah memiliki masa studi yang sama bagi setiap siswanya, di universitas masa studi mahasiswa tergantung pada kesungguhan setiap individunya. Selain itu Wayan juga berpesan agar para maba bisa menikmati setiap proses pembelajaran di FILKOM UB nantinya. Harapannya selain aktif di perkuliahan, para maba juga dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk aktif di organisasi kemahasiswaan maupun organisasi yang lain di lingkungan universitas atau fakultas. Hal ini penting karena dapat menempa para mahasiswa menjadi manusia yang lebih baik.

01_Sambutan_BEM_FILKOM“Kalian mau lulus berapa lama, mau 3,5 tahun atau mungkin belakangan saja 7 tahun. Itu terserah kalian. Berbeda dengan SMA yang sudah pasti 3 tahun atau mungkin ada kelas akselerasi 2 tahun, universitas memiliki sistem yang berbeda tergantung dari kesungguhan mahasiswanya. Ikuti berbagai macam lomba pertandingan yang akan mengharumkan nama FILKOM dan Universitas Brawijaya. FILKOM punya komitmen untuk mensupport sepenuhnya aktivitas mahasiswa dalam kegiatan lomba seperti itu,” jelas Wayan.

01_Sambutan_DPM_FILKOMUntuk diketahui pada tahun ini FILKOM tidak banyak menaikkan kuota jumlah penerimaan maba. Dimana pada tahun lalu FILKOM menerima sejumlah 643 maba dan tahun ini sejumlah 751 maba. Kenaikan jumlah kuota yang tidak banyak ini dikarenakan FILKOM ingin mengoptimalkan kualitas layanan pendidikannya bagi para mahasiswa. Dari jumlah 751 maba pada TA. 2019/2020 tersebut terdiri atas 267 mahasiswa yang masuk dari jalur SBMPTN, 209 mahasiswa dari SNMPTN, 215 maahsiswa dari jalur Mandiri, 55 mahasiswa dari jalur Seleksi Alih Program (SAP), 2 mahasiswa dari jalur Putra Asli Daerah (PAD) dan 3 mahasiswa dari jalur Seleksi Penerimaan Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD). [dna]

 

 

 

 

Share