01_Pelepasan_kontingen_finalis_GemasTIK_10_tahun_2017
13:58

5 Tim FILKOM UB Lolos Sebagai Finalis GemasTIK 10

Lima tim yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dinyatakan lolos sebagai Finalis Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi 10 (GemasTIK 10) tahun 2017. Kompetisi tahunan GemasTIK ini merupakan kompetisi bidang IT paling bergengsi di tanah air yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Pada GemasTIK 10 tahun ini babak final diselenggarakan di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat (1-4/11/2017).

02_latihan_presentasi_persiapan_GemasTIK_10Kelima tim perwakilan FILKOM UB tersebut lolos di beberapa kategori lomba yang berbeda. Dimana 2 tim lolos sebagai finalis dalam kategori Pengembangan Perangkat Lunak, sementara masing-masing 1 tim yang lolos di kategori Desain User Experience, E-Government dan Pengembangan Bisnis TIK. Untuk membekali perwakilannya yang lolos ke babak final GemasTIK 10 ini, FILKOM UB menyelenggarakan serangkaian persiapan pembinaan meliputi dua kali latihan presentasi pada Selasa dan Jumat (24 & 27/10/2017) dan pelepasan kontingen pada Senin (30/10/2017). Pada pelatihan presentasi seluruh tim diwajibkan telah mempersiapkan bahan presentasi produk atau karyanya yang berbentuk file powerpoint untuk kemudian dipresentasikan. Presentasi harus sesuai dengan ketentuan waktu maksimal yang diberlakukan dalam aturan GemasTIK 10. Presentasi setiap tim diobservasi oleh dua dosen FILKOM yaitu Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. dan Buce Trias Hanggara, S.Kom. Presentasi tiap tim dinilai kesiapan meteri presentasi, cara komunikasi hingga manajemen waktu yang digunakan. Masukan perbaikan juga diberikan jika presentasi tim masih memiliki kelemahan.

03_latihan_presentasi_persiapan_GemasTIK_10Sementara itu pada pelepasan kontingen, tidak hanya anggota tim finalis yang hadir namun juga Dekan FILKOM Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D dan Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan Edy Santoso, S.Si, M.Kom serta dosen pembimbing dan staf bagian kemahasiswaan FILKOM UB. Para peserta mendapatkan masukan penting serta motivasi dari para pimpinan FILKOM sebelum berangkat bertanding. Dalam kesempatan itu Edy Santoso berpesan agar seluruh anggota tim tetap bisa menikmati setiap proses dalam kompetisi sehingga kemudian dapat memberikan performa terbaiknya.

“GemasTIK ini memang kompetisi bidang IT paling bergensi yang diadakan DIKTI di Indonesia. Tapi intinya kita tetap tidak dikejar target dan enjoy saja dalam bertanding. Semoga bisa juara,” ungkap Edy. [dna]

Berikut adalah lima tim perwakilan FILKOM UB yang lolos sebagai finalis dalam GemasTIK 10:

No

Kategori Lomba

Nama Tim

Anggota

Dosen pembimbing

1

Desain User Experience

Tim SSD

  1. Muhammad Iqbal Tawakal (SI/2016)
  2. Mohammad Khaufillah (SI/2016)
  3. Muhammad Prio Agustian (SI/2016)

 

Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom.

2

E-Government

Tim BCC-Dendelion

  1. Yahya Sahaja (TIF/2016)
  2. Arif Rahman (TIF/2015)
  3. Gifary Dhimas Fadhillah (TIF/2016)

Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd.

3

Pengembangan Perangkat Lunak

Tahu Telor Team

  1. Devara Fikry Akmal (TIF/2014)
  2. Ahmad Kamil Almasyhur (TIF/2014)
  3. Syaifudin Abdullah (TIF/2014)

Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc.

4

Pengembangan Perangkat Lunak

Tim BCC – Weebs

  1. Eko Prasetyo Lukman Nur Hakim (TIF/2014)
  2. Riski Puspa Dewi Diangga Putri (TIF/2014)
  3. Ananta Pratama (TIF/2015)

Muhammad Aminul Akbar , S.Kom., M.T

5

Pengembangan Bisnis TIK

Tim Laboran

  1. Mohamad Faathir Al Hakim (FIA Bisnis/2014)
  2. Ekananda Putri Nur Afandi (FIA Bisnis/2015)
  3. I Made Resza Surya Adinata (SI/2015)

Ari Irawan., SE., MM.

 

 

 

 

Share