Information Technology

Official Site : filkom.ub.ac.id/unit/prodi/ti

Program Studi Teknologi Informasi berkonsentrasi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang teknologi Informasi, memiliki kemampuan untuk berkompetisi di dunia kerja. Untuk itu, kurikulum Program Studi Teknologi Informasi disusun secara khusus dengan mengacu pada kebutuhan dunia kerja dan standar dari Association for Computing Machinery (ACM).

Beberapa profil bidang pekerjaan yang sesuai dengan teknologi informasi diantaranya :

  1. Integrator Sistem
    Peran yang memiliki kemampuan yang dapat mengintegrasikan sistem yakni:
    - integrasi antara unsur-unsur teknologi (hardware, jaringan, software dan data) serta orang-orang dan proses integrasi antara beberapa sistem yang terpisah                     
    - integrasi antara sistem yang sedang dikembangkan dengan sistem yang sudah ada (mengintegrasikan teknologi yang ada dan baru)
    - integrasi antar sistem dengan perangkat keras yang berbeda (berbasis dekstop dan mobile)
    - mengintegrasikan komponen ke dalam satu sistem dan akhirnya melakukan validasi sistem
    - Integrasi teknologi yang berbeda dan integrasi teknologi ke dalam organisasi
    Contoh profesi dari profil ini adalah: developer sistem integratif dan midleware programmer
  2. Pengelola dan Pengembang Teknologi Jaringan
    Peran yang memiliki kemampuan dapat memilih, merancang, mendeploy, mengintegrasikan dan mengelola (administrator) jaringan dan infrastruktur komunikasi di dalam sebuah organisasi. Pengetahuan ini meliputi komunikasi data, telekomunikasi, inter/intranetworking dan keamanan infrastruktur. Yang dibahas juga meliputi data multimedia, media penyimpanan dan distribusi informasi, serta World Wide Web.
    Contoh profesi dari profil ini adalah: Administrator jaringan, administrator system, serta Pengelola keamanan sistem

  3. Pengelola Data dan Informasi
    Peran yang memiliki kemampuan untuk membuat kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur dan cara paling efektif (best practices) dalam mengelolah informasi dan data untuk memastikan bahwa data dapat dipahami, dipercaya, visible, dapat diakses dan dioptimasi untuk penggunaanya serta dapat dioperasikan.
    Contoh profesi dari profil ini adalah: Database administrator, database programmer, informasi bisnis analis, dan datawarehouse desainer.

  4. Pengembang Sistem Informasi
    Peran yang memiliki kemampuan untuk dapat melakukan analisis kebutuhan dan persyaratan, perancangan, implementasi dan evaluasi aplikasi (atau sistem informasi, sistem berbasis komputer atau solusi teknologi) untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi.
    Contoh profesi dari profil ini adalah: Konsultan TI, Penganalisis Sistem Informasi perusahaan, dan Manajer Proyek TI.

Share

Pick your favourite skin
set to default