Information Technology Education

Situs Resmi: filkom.ub.ac.id/unit/prodi/pti

Dunia pendidikan menghadapi tantangan global yang terus bergerak dinamis, sehingga mengharuskan setiap individu bersaing di pasar global. Individu yang dapat menguasai informasi memiliki peluang paling besar meraih sukses. Oleh karena itu, dunia pendidikan dan teknologi informasi bagaikan dua mata pisau yang tidak dapat dipisahkan. Melalui Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Brawijaya berusaha menjawab tantangan global dengan mendidik mahasiswa untuk memiliki kompetensi sebagai tenaga pendidik sekaligus memiliki kompetensi tenaga profesional IT dan entrepreneur.

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi memiliki misi mendidik lulusan sebagai tenaga pendidik dalam bidang Teknologi Informasi, maka lulusan memiliki kompetensi utama bidang keguruan yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional bidang teknologi informasi, kompetensi sosial, dan kepribadian. Lulusan menguasai dan mampu melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum, serta mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Selain sebagai tenaga pendidik, lulusan Pendidikan Teknologi Informasi dapat bekerja sebagai tenaga profesional dalam bidang teknologi informasi di dunia industri sehingga lulusannya mempunyai kompetensi, antara lain: (1) mampu mengimplementasikan teknologi jaringan terkini; (2) mampu mengembangkan perangkat lunak berbasis desktop, web dan mobile; (3) mampu merencanakan dan mengembangkan teknologi sistem basis data; (4) mampu memodelkan proses bisnis dan merancang solusi teknologi informasi yang tepat dan sesuai; (5) mampu merencanakan, menjalankan, dan menyelesaikan projek teknologi informasi; (6) mampu menyelesaikan permasalahan mulai instalasi sampai dengan penanganan permasalahan pada implementasi teknologi informasi; dan (7) mampu memahami konsep geospasial, menganalisa data-data geospasial, dan mampu menyajikan hasil analisa dalam bentuk peta dan aplikasi.

 

Share

Pick your favourite skin
set to default